Minggu, 04 November 2012

Wanita Maestro Amatiran



Pagi- pagi benar Mawar Wulan mengusung  gelisah bukan kepalang. Meski lingkungan di sekitar rumahnya masih tertutup kabut,  dia tak memperduikanya. Dengan langkah kaki yang gesit, dia terus menebas  butir butir air halus yang menghadangnya, menyelusuri  jalan beraspal yang ada di depanya dan masih terpagut sepi dan dingin, namun kaki yang hanya beralas sandal jepit dengan egonya terus saja menggilas aspal yang sudah mulai pongah itu.Entah apa yang akan dilakukan wanita yang masih lajang di pagi hari itu. Batuk batuk kecil yang terus saja melekatnya itupun tanpa dia pedulikan.

Tepat di pintu gerbang rumah Bu RW Mawar mulai melambatkan langkah kakinya, pintu besi yang sudah berkarat baru saja berhenti berderit. Rumah Bu RW masih lengang dan hanya sebelah pintunya yang kuno itu sudah terbuka. Terbesit dalam sanubari Mawar Wulan perasaan canggung dan takut merepotkan Bu RW. Tapi perasaan itu kembali ditelikung dalam hatinya, kala Bu RW sudah menyambutnya dengan senyum yang renyah di tengah pintu model jawa kuno itu.

“Ah, maafin Mawar bu!, pagi pagi sudah merepotkan !”

“Justru aku yang minta maaf,  merepotkan Mba Mawar !”

“Sama sekali tidak bu !, cuma aku penasaran sejak kemarin sore. Tentang tujuan ibu ibu PKK ke rumah saya bu !”

“Oh, masalah itu , Mba Wulan !, iya memang ibu-ibu itu sedang bingung tentang kedatangan Bill Clinton yang rencananya akan mengunjungi kampung kita “

“Lalu, apa yang bisa aku bantu, Bu RW ?”

“Maaf !, Mba Wulan masih kerja di restaurant eropa ?”

“Betul, Bu RW, mesti ini masalah menu, ya bu !”

“Betul mba!, Pak lurah menyarankan agar kita menjamu makan siang mantan Presiden Amerika itu !.Mba Wulan saya pikir tahu  betul tentang menu orang Amerika dan Eropa. Maka kami kemarin datang ke rumah”

“Mesti ibu bingung menu jamuan tamu besar itu, iya kan ?”

“Betul mba!, ibu ibu PKK yang mendapat tugas menyediakan jamuan  tamu bule-bule itu  menjadi bingung, enaknya menu untuk Clinton itu apa ?. Apa Hotdog, Piza atau apa?. Menurut Mba Wulan enaknya menua apa ?”

“Kenapa mesti bingung-bingung, bu ?. Kala orang besar seperti Bill Clinton itu sudah bosan dengan hidangan ceremonial seperti itu !”

“Ya, terus enaknya bagaimana !”

“Kita kan banyak memiliki menu yang sudah mendunia seperti nasi goreng, sate ayam. Apa salahnya bu, kita promosikan pada tamu-tamu eksekutif Bill Clinton’s Foundation nantinya, atau boleh juga kalau kita hidangkan  tiwul, getuk dengan menu snak seperti resoles, kue lapis dan masih banyak lainnya, iya kan Bu RW ?”
 “Ah, masa iya sih mba !, bule-bule doyan menu seperti itu ?”
 “Iya bu !, aku sudah sejak lulus SMA bekerja di Zona Zero Europe Restouran, kebetulan sekali aku sering menemukan bule-bule yang minta menu tradisional yang aneh-aneh “

“Aneh-aneh seperti apa, Mba ?”

“Bayangkan saja Bu RW!, waktu serombongan wisman Middle Java Reuni dari Jawa Tengah mampir ke Jakarta dan singgah di restaurant kami, sebagian besar mereka malah memilih menu tradisional, seperti sayur asam, kelapa muda bahkan ada yang minta dawet. Mereka semua sudah bsan dengan aneka bakery, Dennis Donuld, Humberger dan.... !”

“Apa iya, mba. Jangan jangan Bill Clinton juga senang dengan menu seperti itu, ya Mba Mawar ?”

“Bisa saja to, bu !. Bisa juga dia meniru seperti Presiden Obama yang malah minta bakso dan nasi goreng dengan lauk krupuk, hehehe…”

“Tapi baiknya kalau Mba Mawar tidak keberatan, siang ini  kita ke Pos Posyandu, untuk gabung dengan  ibu ibu lainya yang rencananya jam 9 siang ini rembugan masalah persiapan Bill Clinton. Oh, ya Mba !, rencananya juga Bu Hillary Clinton  akan kita ajak ke Posyandu untuk mengamati kegiatan ibu ibu Dharma Wanita “

Mawar Wulan yang hari itu memang lagi off hanya menganggukan kepalanya, tapi lain lagi dengan Bu RW yang hanya bengong saja mendengar kenyataan yang disampaikan oleh sang maestro lajang itu. “ Masa tamu seperti Bill Clinton  dan rombonganya mau menyantap menu tradisional. Tapi…entahlah”.

***

Mereka siang ini berkumpul  di Posyandu yang tidak seberapa luasnya, hanya sebuah ruangan yang berukuran 4 x 6 meter. Sebagian ibu-ibu anggota Dharma Wanita sejak pagi tadi sibuk membersihkan rumput dihalaman posyandu yang sederhana itu, sebagian lagi menggunakan sapu panjang membersihkan atap lantai bahkan terdapat beberapa ibu ibu yang dengan cekatan mengecat tembok yang mulai lusuh dan berdebu.Mereka sebenarnya sama sekali tidak menduga bahwa kegiatan mereka semua selama dasa warsa ini telah menarik perhatian staf Bill Clinton’s Foundation yang ada di Indonesia.

Ternyata  keterpurukan kita di berbagai sendi kehidupan telah menarik tokoh pemerhati dunia seperti mantan Presiden Amerika itu, tetapi hal yang paling menarik perhatian dunia adalah aktifitas mandiri ibu ibu  seantero Bumi Nusantara di bidang kesehatan ibu dan anak, termasuk penimbangan bayi, pencanangan pemberian vitamin kepada anak, Keluarga Berencana dan lain sebagainya dan salah satu dari ribuan kegiatan mandiri ibu ibu tersebut, ternyata  Kelompok Dharma Wanita Kenanga Jakarta Selatan yang dipilih oleh tokoh dunia itu untuk melihat dari dekat.

Kedatangan Bu Rw dan maestro menu masakan eropa dan AS itu, sempat membuat semua ibu-ibu yang bersemangat menjadi menyurut. Semua berhamburan keluar seperti anak ayam yang menemukan induknya. Semua mengemasi peralatanya untuk gabung dengan diskusi yang hangat, tawa renyah santai di hari Minggu yang terik itu.

“Ibu ibu !, sebaiknya hari ini kita tuntaskan saja rencana perjamuan untuk tamu-tamu bule kita. Selain Bu Lilis yang sudah pengalaman catering masakan eropa, kebetulan kita
kedatangan tamu Mba Mawar yang kerja di restauran Eropa. Kita tentukan saja menunya setelah itu kita bicarakan lainnya”

“Kita tentunya harus melihat dana kita, iya kan Bu RW ?” seru Bu Dirman yang mendahului diskusi hangat.

“Tentu saja Bu Dirman !. Apalagi biaya perjamuan ini kan dari kas kita yang tidak seberapa “ jawab Bu RW.

“Itulah masalahnya bu !, kita menjamu tokoh dunia dan pejabat lainnya, padahal dana kita hanya pas-pasan “ Bu Gatot mulai memaparkan kendala yang selama ini menjadi beban wanita wanita pejuang itu.

“Nanti dulu ibu-ibu, untuk menjamu Bill Clinton bukan sebagai pejabat negara,   tentunya kita tidak usah menghidangkan menu yang resmi ?”

“Tapi kan  rencananya nanti Bill Clinton akan diterima  Pak Walikota. Terus bagaimana ini ?. Mba Mawar ?” Bu Handoko tidak mau kalah karena hatinya masih dipenuhi rasa penasaran.

“Bu Handoko !, Yayasan Bill Clinton itu hanya LSM biasa. Kedatangan beliau juga bukan sebagai tamu negara!, kalau kita menjamu dengan jamuan yang sederhana, tapi hygeinis, kan tidak masalah ?”

“Lho…lho..nanti kalau tamu-tamu itu tidak berkenan, kita yang kena dampaknya “seru Bu Dirman.

“Ini gimana !. Mba Mawar ?”pendapat Mawar kali ini dibutuhkan sekali oleh Bu RW.

“Begini, ibu-ibu !. Tujuan Bill Clinton ke posyandu ini kan, karena rasa simpatiknya beliau dengan kemandirian kita. Kita terbiasa dengan kegiatan yang swadana dan swakarya. Inilah yang harus kita buktikan ? dan nantinya kalau Yayasan Bill Clinton merespon positif, kita bakal menerima dana bantuan 250.000 dollar.”

“Huu..besar amat dananya mba ?” kekaguman BU RW tak sadar terlontarkan lewat bibirnya begitu saja.

“Wah, bisa untuk membuat poliklinik kecil-kecilan, kita bisa  tambah maju, ya Bu RW ?” ucapan Bu Samsudin dan Bu RW tadi menyeringaikan senyum sebagian besar hadirin diskusi itu.

“Lantas, apa hubunganya dengan menu yang akan kita hidangkan, Mba !” tanya Bu Handoko.

“Inilah yang akan kami sampaikan pada ibu-ibu ?”seru Mawar Wulan sehingga semua yang hadir di diskusi siang itu menjadi diam seribu bahasa. Hanya senyum Bu RW saja yang menyemaraki diskusi maestro maestro amatiran itu.

“Ah…sepertinya ada yang penting sekali sih Mba Mbawar ?” Bu Handoko adalah salah satu peserta diskusi yang masih penasaran.

“Ibu ibu jangan salah paham, aku kebetulan sering bertemu dengan tim yayasan itu di restauranku. Mereka sama seperti kita, menu untuk makan kadang kadang seperti kita,

tidak perlu seperti Piza, Spagheti, Hamburger atau Hotdog atau Dunkey Donnats. Mereka malah senang sop, ayam bakar atau malah pecel lele, yang penting bersih dan hyegenis, betul lho bu !”

“Ah, masa iya ?” jawab Bu Dirman.

 “Apa Bill Clinton doyan kue kue buatan kita sendiri ?” tanya Bu Dibyo

 “Tapi kita tidak main-main lho, Mba Mawar ?”

“Ibu ibu waktu kunjungan Bill Clinton ke Denpasar  beberapa tahun lalu, bagian rumah tangga kepresidenan juga menyediakan makanan tradisional buatan kita sendiri. Justru makanan seperti itulah yang banyak dipilih oleh tamu asing”

“Makanan seperti apa, Mba Mawar ?”

“Ya, cuma lemper, lumpia dari Semarang, kue lapis, getuk, makanan dari ketan. Lho dalam even seperti itu kan bisa digunakan untuk promosi makanan asli Indonesia”

“Kok bisa ya Bu, aku tadinya  malah punya pendapat untuk menjamu Bill Clinton dan stafnya dengan jamuan snak dan makan siang dengan Piza, Spagheti, Hamburger atau Hotdog atau Dunkey Donnats. Tapi itu nggak menyinggung tamu tamu kita kan, Mba ?”

“Lho, justru kita tampilkan kemandirian kita untuk memperbaiki gizi masyarakat. Coba dong nanti kita paparkan ini semua pada Hillary, pasti dia senang, aku yakin !”

“Tapi siapa yang ngomong nanti, Bu?”tanya Bu Dibyo.

“Lho Bu Dibyo kan guru bahasa Inggris SMA, aku minta tolong sama ibu, siap?”pinta Bu RW

“Siap bu !”

“Kalau gitu nanti kita masakan saja bebek goreng, gimana ?” Bu Hasan mengajukan permintaan.

“Pecel lele saja !” seru Bu Handoko

“Sayur asam dan  sambel  !” seru Bu Samsudin

“Ibu-ibu yang penting sudah kita sepakati tentang menu makanan tradisional untuk Clinton. Tentang menunya apa kita sesuaikan dananya saja, gimana ibu-ibu ?” Bu Rw minta persetuan hadirin.

“Setuju “ jawab mereka semua serempak

“Terimakasih. Mba Mawar ?” Bu RW mengulurkan tangan untuk menyalami Mawar Wulan yang menyambutnya dengan senyuman berseri ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar